Ustadz Akhir Zaman

0
Ustadz Akhir Zaman

Selama Corona, mereka mengatakan akan ada tanda-tanda akhir zaman hanya karena pada tanggal 15 Ramadhan kali ini jatuh pada hari jumat. Selebihnya khayalan.

Kadang saya heran, bagaimana mungkin kiamat di ilustrasikan dengan teknik animasi (CGI) versi Hollywood. Sehari sebelum Dukhon yang dijanjikan tidak muncul, para Ustadz Akhir Zaman segera merilis konten video baru yang mengklarifikasi bahwa Dukhon yang dimaksud tidak jadi, alias batal. Ini penghinaan, dikiranya jadwal kiamat mirip tradisi birokrasi.

Bukan kali pertama, disaat wabah dan keprihatianan semacam ini muncul pemuka agama yang menjual isu ancaman untuk mencari perhatian publik.

Sungguh masih lebih baik tukang obat yang menawarkan tambahan beberapa aksi menegangkan. Seperti digigit ular, mengeluarkan api, dan tidak tembus benda tajam.

Umur kasak kusuk kedatangan Imam Mahdi sepertinya setua sejarah Islam sendiri, Namun setidaknya sekitar 600 – 700 tahun silam (1377) Ibn Khaldun pernah sedikit geram terhadap orang-orang yang memprediksi lokasi-lokasi kedatangan Imam Mahdi. Berikut saya rangkum kata-katanya:

“Orang-orang awam, orang-orang bodoh, yang membuat pernyataan sehubungan Mahdi, dan tidak menyertai pernyataannya itu dengan pemikiran atau pengetahuan, berasumsi bahwa Mahdi dapat muncul disuatu situasi dan tempat. Mereka tidak memahami hakikat masalah. Kebanyakan mereka berasumsi … mungkin sudah banyak orang yang lemah akal … dan kebodohannya menggiring mereka (Khaldun, p.388).”

Sebutan bodoh itu kata Ibnu Khaldun, bukan kata saya. Jadi, berhentilah meneruskan kebodohan yang umurnya sudah ratusan tahun. Kiamat akan datang, tapi berita dan lokasi kedatangan Imam Mahdi tidak mungkin lewat Youtube. Salam sejarah.

0
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here